ruanghampa PROGRAM MELUKIS 1 (1)
24 Sep

Fundamental Watercolor Painting (Pelatihan Dasar Melukis Dengan Cat Air)

Pengantar

Saya merupakan pelukis profesional lulusan ASRI tahun 1980, memiliki kompetensi dalam bidang seni rupa bidang drawing, ilustrasi dan melukis dengan berbagai media dan teknik serta berpengalaman sebagai ilustrator majalah bisnis di ibukota, ilustrator freelancer sebuah perusahaan farmasi terkemuka, serta aktif mengikuti pameran di dalam maupun luar negeri. Dalam paket pelatihan ini, saya ingin membagikan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, khususnya dalam menggambar dan melukis dengan teknik cat air.

Pernahkan Anda mengalami atau melihat seseorang saat melihat lukisan dan berpikir, “Apakah saya bisa melakukan hal itu”? Atau mungkin berpikir, “Saya berharap saya bisa melakukannya.” Dengan mengikuti program kursus singkat ini dan sedikit bakat dan kemauan, Anda bisa mengubah keinginan menjadi sebuah kenyataan.

Meskipun calon peserta sudah pernah mendapat apresiasi seni dari melihat pameran, membaca dari buku atau melaui website, jika tidak dibarengi dengan latihan atau praktek tidak akan merubah pengetahuan dan keterampilannya.  Untuk itu peserta harus praktik melukis sendiri. Dengan mengikuti kurusus ini peserta diharapkan bisa melukis berbagai obyek sampai dengan menggambar potret diri atau melukis diri sendiri.

Pada setiap pertemuan peserta akan dibimbing, langkah demi langkah untuk menyelesaikan suatu proyek melalui latihan praktek yang digabungkan dari teori pengantar dan teknik yang telah didemonstrasikan. Setelah menduplikasi / mencontoh sebuah lukisan dari foto atau komputer, peserta diharapkan dapat melukis sendiri di rumah dengan berbagai obyek lain.

Praktek melukis dalam pelatihan ini menggunakan peralatan cat air dan kertas cat air yang dibawa sendiri, dengan ukuran relatif kecil, (ukuran A3) dan peserta diharapkan dapat menyimpan tugas-tugas latihan ini dan mengumpulkan menjadi sebuah buku referensi yang bermanfaat. Peserta dapat menggunakan buku ini sebagai acuan dalam berkarya. Jika setiap peserta menyimpan pada setiap akhir latihan praktek, dia akan memiliki dokumentasi karya cat air yang luar biasa selama mengikuti kursus.

Seiring dengan semua latihan praktek yang akan diberikan, saya akan memberikan cara membuat efek cat air yang menarik, membuat gambar yang bagus, secara sederhana dan mudah dimengerti melalui berbagai teknik dan trik. Dalam pelatihan ini saya tidak akan banyak bicara tentang teori yang rumit maupun banyak bicara. Namun saya hanya akan memberi instruksi dalam bahasa yang sederhana seperti untuk merencanakan, menyusun, mendesain, dan melukis berbagai obyek dengan cat air.

Itulah beberapa hal yang akan peserta dapatkan ketika mengikuti pelatihan ini. Dan, sesuai dengan paket kursus singkat lukisan cat air bagi pemula, Maka pertemuan ini akan diatur secara sederhana dan singkat serta berurutan agar setiap peserta dapat menyerap materi dengan mudah, dan menarik.  Paket ini disusun secara berurutan terdiri dari paket-paket dengan informasi terkait dengan tema. Dan Program ini akan menuntun peserta secara logis dan pragmatis.

Jika peserta sama sekali belum pernah melukis dengan cat air, pelatihan kali ini merupakan tempat untuk memulai. Namun jika peserta sudah pernah memakai cat air, kurusus ini merupakan ajang penyegaran yang baik terkait pendalaman dan peningkatan dengan berbagai teknik dan trik melukis dengan cat air. Karena setiap seniman memiliki pengalaman dan pendekatan yang berbeda dalam menggunakan media, maka dalam kursus ini akan saya bagikan pengalaman tentang teknik cat air yang pernah saya praktekkan.

Adapun paket pelatihan melukis dengan cat air bagi pemula ini saya tawarkan dalam sepuluh kali pertemuan dan masing-masing pertemuan akan ditempuh selama kurang lebih dua sampai tiga jam. Dengan perincian 10% teori, 15%demonstrasi dan 75% untuk praktek dan konsultasi/diskusi) dengan susunan  sebagai berikut :

 

BAGIAN I : MEMBANGUN FONDASI YANG KUAT

PERTEMUAN I : MENGENAL KARAKTER DAN TEKNIK CAT AIR

Pengantar

Salah satu hal menarik melukis dengan media cat air adalah sejumlah besar teknik yang tersedia. Cat air bisa bergerak dan bereaksi terhadap perintah pelukisnya. Kelihatannya terdengar sedikit lucu atau aneh, tetapi sebenarnya ini adalah karakter dan kualitas terbaik dari media cat air.

Dalam pertemuan pertama ini ini saya ingin peserta pelatihan melupakan tentang menggambar sesuatu atau terlihat seperti sesuatu. Karena hal itu bisa menjadi beban. Dalam pertemuan pertama ini, peserta tidak diwajibkan menggambarkan sesuatu, dia hanya perlu menikmati aliran warna, tekstur cat air, yang penuh kejutan.

Pokok Bahasan

1          Mengenal Teknik Dasar cat air :  

  1. Lifting
  2. Layering, dan
  3. Glazing
  4. Merasakan teknik lifting, layering dan glazing
  5. Meningalkan Warna Putih di kertas
  6. Memanfaatkan lilin / pastel minyak
  7. Memakai masking atau cairan penutup khusus

c          Latihan membuat lukisan negatif

  1. Bereksperimen dengan Tekstur
  2. Memanfaatkan Taburan garam
  3. Mermanfaatkan spons
  4. Memakai semprotan, Spattering, Stensil / Cap
  5. Latihan membuat komposisi warna dengan tekstur
  6. Latihan praktek : Melukis abstraksi taman bunga

PERTEMUAN II : MEMAHAMI PENCAMPURAN WARNA

Pengantar

Langkah pertama untuk melukis dengan teknik cat air adalah mencampur warna. Peserta akan diberi pelajaran tentang sistem untuk menggabungkan warna secara konsisten untuk menghindari trial and error yang bisa membuat frustrasi.

Dengan Teori, demonstrasi dan praktek serta pendampingan diharapkan peserta dapat memahami spektrum warna secara luas. Memahami sifat cat air dan informasi dalam memilih pigmen. Peserta akan dilatih mencampur warna agar sesuai dengan obyek yang diinginkan. Selesai mengikuti materi ini, peserta akan mendapatkan kepercayaan dan keterampilan melakukan pencampuran warna cat air sesuai kebutuhan.

Pokok Bahasan

  1. Memahami perputaran Roda Warna
  2. Mengatur warna primer, sekunder, dan tersier
  3. Membuat komposisi dengan warna komplementer
  4. Membuat warna terang,  gelap dan bayangan
  5. Memecah Warna menjadi Beberapa Bagian
  6. Mengenal Nilai warna : Dingin, Hangat, dan Panas
  7. Intensitas Warna dan pengaruhnya terhadap emosi
  8. Komposisi warna Dingin dan Panas
  9. Diagram / skema roda warna
  10. Latihan Praktek : Membuat Komposisi warna

PERTEMUAN III : PRINSIP-PRINSIP DASAR DESAIN dan KOMPOSISI

Pengantar

Dalam paket ini, saya akan memberikan prinsip-prinsip dasar untuk diketahui (tidak ada komposisi yang sempurna). Jika ada sepuluh seniman membahas desain dan unsur komposisi mungkin akan muncul sepuluh pendapat yang berbeda. Analisislah aturan dan tujuan sendiri, dan apa yang Anda inginkan ke dalam lukisan. Setiap aturan bisa dipatahkan. itu sebabnya seni rupa sangat menyenangkan, seniman bisa bermain-main secara bebas dengan aturannya sendiri.

Pokok Bahasan

  1. Memahami keseimbangan
  2. Menyeimbangkan elemen bentuk dan warna
  3. Menciptakan kontras

c          Menciptakan perubahan warna

  1. Menciptakan harmoni warna

2          Merancang Komposisi  Bentuk dan Warna

  1. Memahami Nilai warna
  2. Membuat komposisi yang segar
  3. Mengarahkan pandangan pemirsa
  4. Memusatkan perhatian pemirsa
  5. Latihan Praktek : Melukis komposisi Alam Bunga

PERTEMUAN IV : MENGGAMBAR DENGAN CAT AIR

Pengantar

Menggambar merupakan hal mendasar dan penting untuk semua bidang seni rupa. Menggambar penting dalam cat air karena itu seorang seniman perlu merencanakan dengan baik dalam kertas yang akan dilukis. Dengan rencana yang baik secara garis besar, lukisan akan lebih sukses. Metode menggambar dalam bab ini berhubungan untuk menggambar diperlukan untuk lukisan cat air. Anda perlu menggambar bentuk secara akurat dan memahami bagaimana cara menggambar bayangan dan perspektif untuk membuat lukisan lebih hidup.

Pokok Bahasan

  1. Menggambar Bentuk Geometris dan Menambah Dimensi
  2. Mengamati cahaya dan bayangan
  3. Dari lingkaran ke lingkaran
  4. Dari persegi ke kubus
  5. Dari segitiga ke piramida
  6. Dari lingkaran ke silinder
  7. Memahami Perspektif
  8. Melihat dari sudut pandang dari satu titik
  9. Melihat perspektif dari dua titik
  10. Melihat perspektif dari tiga titik
  11. Menyesuaikan perspektif udara dan atmosfer
  12. Mentransfer gambar ke atas cat air
  13. Mengamati gambar
  14. Memanfaatkan proyektor
  15. Memanfaatkan komputer
  16. Mermanfaatkan meja montase
  17. Latihan Praktek : Menggambar Obyek dalam Gudang

ruanghampa PROGRAM MELUKIS 1 (1)  

BAGIAN II : BEREKSPERIMEN DENGAN BERBAGAI OBYEK

PERTEMUAN V : MENGHIDUPKAN STILL LIFE  (ALAM BENDA)

Pengantar

Dalam bab ini, peserta akan membuat pengaturan agar sebuah lukisan atau gambar alam benda dapat kelihatan hidup atau mati. Anda akan berpikir tentang latar belakang dan permukaan, dan mempertimbangkan elemen khusus seperti bunga, kain lipatan, pola, dan lainnya.

Pokok Bahasan

  1. Menemukan dan Mengatur Item Dalam Lukisan
  2. Mengatur Scene : Permukaan dan Latar Belakang
  3. Membumikan Still Life di permukaan yang sederhana
  4. Memilih model dari bahan kayu dan kain
  5. Menggambar kain berenda, atau berlubang
  6. Menciptakan background yang berani
  7. Mengarahkan obyek lukisan Dalam kertas
  8. Menata pisang untuk buah dan sayuran
  9. Menggambar Sinar yang menembus kaca
  10. Menggambar bunga dan tumbuhan
  11. Beberapa Tantangan menggambar Still Life
  12. Menguasai bentuk bentuk simetris
  13. Menterjemahkan berbagai bahan dalam lukisan
  14. Latihan Praktek : Still Life (alam benda) dengan Pitcher kaca, Buah, dan Kain

PERTEMUAN VI : MELUKIS LANDSKAP / ALAM PEMANDANGAN

Pengantar      

Alam pemandangan (Landscap) merupakan obyek yang menyenangkan untuk dilukis. Beberapa lanskap bisa memiliki objek buatan manusia, seperti lumbung, di dalamnya, sementara beberapa lainnya murni alam. Peserta dapat memilih apakah akan menambahkan hewan sebagai pusat perhatian.

Pokok Bahasan

  1. Mengambar Langit sesuai Cuaca
  2. Menggambar langit biru alamiah

b          Menggambar awan Gelap, suasana mendung atau hujan

  1. Menggambar matahari terbit dan terbenam
  2. Mengatur Elemen Alami
  3. Menggambar batu
  4. Menggambar pohon
  5. Menggambar gunung

3          Menggambar suasana Perkotaan

  1. Lanskap perkotaan / adegan perkotaan
  2. Melukis suasana jalanan yang macet
  3. Melukis suasana di Kebun Binatang
  4. Latihan Praktek : Menggambar gunung dengan tanamannya

PERTEMUAN VI  : MELUKIS SEASCAPE / PEMANDANGAN TEPI LAUT

Pengantar

Setengah dari seluruh penduduk planet bumi hidup di dekat lautan. Meskipun saya hidup jauh dari lautan, namun lautan merupakan salah satu tempat dan obyek favorit untuk dilukis. Banyak seniman, memiliki dorongan spiritual, mistis, memikat dan menarik untuk melukis air. Mungkin itu karena tubuh kita sendiri sebagian besar terdiri dari unsur air. Apapun alasan lain, cat air dibuat untuk melukis air. Dalam bab ini, peserta akan menemukan cara melukiskan hal-hal yang di temukan di tepi pantai: seperti air, ombak, pasir, perahu, burung, pantai berbatu, maupun kulit kerang.

Pokok Bahasan

  1. Elemen Seascape
  2. Menampilkan air diam dengan pantulan
  3. Mengambar gelombang lautan

c          Menggambar pergerakan air,  percikkan air dll

  1. Spot Daratan, dan garis pantai
  2. Menterjemahkan Pergeseran pasir
  3. Dataran pasir, rumput laut dan sekitarnya
  4. Berlayar di Laut Biru
  5. Mengamati beberapa layar
  6. Bekerja di kapal yang berkarat
  7. Fokus pada gelombang air dan sekitarnya
  8. Latihan Praktek : Pemandangan di tepi Laut

PERTEMUAN VIII : MELUKIS BINATANG FAVORIT / PELIHARAAN

Pengantar

Hewan bisa menjadi metafora bagi aktivitas manusia. Lukisan akan jauh lebih menarik jika dapat menggabungkan simbol, cerita, dan kedalamannya. Dalam bab ini, peserta akan dilatih melukis beberapa jenis hewan berbulu, licin, atau berbulu. Peserta bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan ini ke dalam lukisan lain dengan atau tanpa binatang.

Pokok Bahasan

  1. Persiapan Melukis Hewan
  2. Memilih obyek dari foto atau langsung
  3. Gambar berwarna dan hitam putih
  4. Melukis Hewan Peliharaan Domestik
  5. Anjing, Kucing, Kelinci, Kuda
  6. Atau akhluk berbulu lainnya
  7. Latihan Praktek : Menggambar Binatang kesayangan  

PERTEMUAN IX : MELUKIS TUMBUH2AN / BOTANICAL ART

Pengantar

Materi menggambar Ilustrasi tumbuh2an dirancang untuk kelas komprehensif yang akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan menggambar dan melukis yang diperlukan untuk membuat gambar akurat dan berguna tentang dunia tumbuhan dengan fokus pada detail. Program ini dirancang untuk calon pelukis / ilustrator yang berdedikasi, serta amatir yang setia dengan obyek tumbuh2an.

Pokok Bahasan

  1. Menggambar tumbuh-tumbuhan
  2. Pemilihan jenis tumbuh2an
  3. Persiapan / Pembuatan Sketsa
  4. Pemilihan dan Pencampuran warna
  5. MenerapkanTeknik dan Trik media Cat air
  6. Membuat Gradasi
  7. Pembuatan highlight
  8. Pembuatan detail
  9. Pembuatan Kedalaman dan bayangan
  10. Pembuatan warna bayanganan
  11. Pembuatan lapisan warna tipis
  12. Pembuatan Kedalaman warna
  13. Latihan Praktek : Mengambar tumbuh-tumbuhan secara detail

PERTEMUAN X  : MENINGKATKAN KUALITAS LUKISAN DAN TIPS PEMASARAN

Pengantar :

Dalam pertemuan ini peserta akan diberikan rekomendasi dan juga berbagai tips tentang cara yang cepat dan tepat untuk meningkatkan kualitas karya lukisannya dan cara untuk mempromosikan dan memasarkan karya seni.

Pokok Bahasan

  1. Cara Meningkatkan Kualitas Lukisan
  2. Membeli Perlengkapan Seni rupa yang Berkualitas
  3. Mempelajari sejarah dan karya para ahli
  4. Mengapresiasi pameran dan mengikuti diskusi seni
  5. Menggali bakat lebih dalam
  6. Meningkatkan dan memperbaiki Teknik melukis
  7. Ekspresikan kemampuan Anda secara bebas
  8. Berkarya, dan terus berkarya
  9. Tips Untuk Pemasaran Sebuah Karya
  10. Memperkirakan Harga sebuah Lukisan
  11. Merencanakan pameran tunggal atau kelompok
  12. Nyantrik / Menginap di Rumah seniman
  13. Bermitra dengan media / penerbitan
  14. Mengikuti Festivals / perlombaan Seni Rupa
  15. Melakukan Pendekatan ke Galeri-Galeri
  16. Mengikuti Lelang lukisan secara Online
  17. Terhubung Dengan Organisasi Seni / Seniman / Galeri

3.         Diskusi : Saran, masukan, simpulan dan rekomendasi

BOOKING HERE!

Leave a Reply

WhatsApp chat