Basic Drawing Training
24 Sep

Basic Drawing Training

Pengantar

Pelatihan dasar mengambar bagi pemula merupakan sebuah paket pelatihan yang ditujukan untuk calon peserta yang memiliki hobi menggambar atau seniman pemula yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang mengambar.

Paket pelatihan dasar menggambar dirancang dalam 10 kali pertemuan, masing masing Ditempuh selama 2 sampai 3 jam dengan fokus pada dasar-dasar menggambar yang  dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu BAGIAN I : MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR MENGGAMBAR dan BAGIAN II : BEREKSPERIMEN DENGAN BERBAGAI OBYEK. Metoda yang digunakan berupa ceramah (10%), demonstrasi (15%), dan praktek (75%)

Kebanyakan orang mulai menggambar setelah mereka memegang krayon dan kemudian melanjutkan menggambar dengan antusias sepanjang masa kanak-kanak. Beberapa orang melanjutkan pada masa dewasa, sementara yang lain tertarik pada hal lain dan kemudian muncul kembali keinginannya untuk menggambar. Paket ini dirancang  sebagai acuan yang akan digunakan dalam pelatihan.

Jika calon peserta mampu mengamati dan membuat perbandingan pada sebuah obyek yang dilihat, maka dia memiliki persyaratan yang diperlukan untuk menggambar. Paket pelatihan ini, saya tujukkan bagi peserta yang berminat serius. Ketika peserta selesai mengikuti pelatihan, segera akan menyadari bahwa setelah menerima bimbingan, melalui pendekatan dan metoda pembelajaran praktis dan terukur peserta dapat menerapkan konsep ini untuk menggambar obyek apa saja.

Peralatan yang dibutuhan antara lain : Sketchbook ukuran A3, Pencils dengan berbagai jenis, Penghapus, Rautan Pensil, Penggaris, Charcoal, Spray Fixative, Papan Gambar, Penjepit kertas, dan Tortilon / Tissue.

PAKET I : MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR

Pengantar

Pernahkah Anda menemukan diri Anda berada di depan sebuah gambar / lukisan yang menakjubkan, kemudian menggaruk-garuk kepala dan bertanya-tanya, “Bagaimana caranya seorang seniman bisa membuatnya ?” Nah, tentunya Anda akan penasaran dan mencari tahu tekniknya !

Pelatihan dasar menggambar ini akan memperkenalkan kepada peserta berbagai keterampilan dan teknik dasar menggambar yang perlu diketahui. Seperti cara menarik garis dan bentuk di atas kertas dan menambahkannya volume, bayangan, tekstur, perspektif dll.

Dengan dibekali pengetahuan dan keterampilan menggambar, peserta akan mampu menggambar dengan baik dalam waktu singkat. Bagaimanapun, perbedaan antara seorang seniman dan bukan seniman bukanlah terletak pada bakat; namun motivasi dan semangat berkarya. Peserta akan mendapatkan waktu banyak untuk praktek dan berlatih melalui beberapa latihan praktek dalam setiap pertemuan.

PERTEMUAN I : MERENCANAKAN SEBUAH GAMBAR

Pengantar

Fokus utama pada pertemuan ini merupakan fase perencanaan dalam menggambar yang disebut komposisi, yang pada dasarnya akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyusun sebuah alur cerita secara visual di atas kertas. Jangan khawatir jika pada awalnya peserta mengalami kesulitas; saya siap membantu mendampingi untuk menyelesaikannya !

Pokok Bahasan

  1. Unsur-unsur Komposisi
  2. Penakanan pada fokus sebuah gambar
  3. Memahami Tumpang tindih obyek, persatuan dan kedalaman
  4. Mengambil keuntungan dari bentuk negatif
  5. Menmanfaatkan garis

1)         Menciptakan jalur fungsional

2)         Menciptakan garis statis dan dinamis

  1. Menyeimbangkan obyek dalam sebuah komposisi
  2. Mempertimbangkan kontras: Menyeimbangkan bentuk
  3. Mengatur proporsi obyek gambar
  4. Mempertimbangkan Formula Komposisi Dasar
  5. Tiga Aturan dasar dalam komposisi
  6. Memahami Komposisi S-O-U-L

1)         Komposisi “S”

2)         Komposisi “O”

3)         Komposisi “U”

4)         Komposisi “L”

  1. Menggunakan Alat Gambar untuk Merencanakan Komposisi
  2. Memilih komposisi dengan membingkai obyek gambar
  3. Merencanakan komposisi dari sebuah foto
  4. Latihan praktek : Mencipta dan menggambar Komposisi

PERTEMUAN II : SKETSA / MENGGAMBAR DENGAN GARIS

Pengantar

Dalam pertemuan ini, akan ditunjukan cara membuat gambar yang akurat dengan menggunakan garis sesuai bakat atau kemampuan bawaan untuk melihat perbandingan. Pada kesempatan ini peserta akan dipandu melalui proses membangun sebuah objek berdasarkan pengamatan kemudian menunjukkan cara memeriksa proporsi objek tersebut untuk memastikan bahwa gambar yang dibuat sudah benar. Latihan dan praktek yang disiapkan akan memberi tantangan kepada peserta untuk mengamati celah dari suatu objek dan kemudian memecah objek itu menjadi komponen mendasar untuk membantu membuat proses menggambar lebih mudah.

Pokok Bahasan

  1. Merasa Nyaman dengan Garis
  2. Memahami karakter dan Keragaman Garis
  3. Garis lurus

1)         Menggunakan penggaris untuk merasa nyaman dengan menggambar                   garis  lurus

2)         Menggunakan garis lurus untuk membuat gambar

  1. Garis diagonal, memotong sudut dengan garis diagonal
  2. Garis Lengkung, Mengikuti alur garis lengkung
  3. Menangkap Gesture / gerak garis
  4. Fokus pada Proporsi dan Bentuk
  5. Memecah objek menjadi sebuah bentuk sederhana
  6. Memperbaiki masalah proporsi bentuk

1)         Membandingkan bentuk positif dan negatif

2)         Mengukur satu dimensi terhadap dimensi lainnya

  1. Latihan praktek : Menggambar dengan unsur Garis menjadi sebuah bentuk

PERTEMUAN III : MENJELAJAHI DIMENSI KETIGA

Pengantar

Menggambar obyek secara realistis melibatkan penciptaan ilusi ruang tiga dimensi pada permukaan gambar dua dimensi. Salah satu faktor paling signifikan yang berkontribusi pada seniman dan penikmat adalah bentuk tiga dimensi (volume) adalah cahaya dan bayangan yang saling berinteraksi.

Sebelum peserta dapat menggambar ilusi tiga dimensi secara realistis, peserta akan dibekali pemahaman tentang cahaya dan bayangan bekerja untuk menciptakan ilusi-ilusi. Dalam pertemuan ini, peserta akan memahami bagaimana para seniman memandang cahaya dan bayangan dan bagaimana peserta dapat melakukan hal yang sama. Peserta akan dipandu melihat interaksi cahaya dan bayangan pada bentuk tiga dimensi dan menjelajahi cara-cara menggunakan nilai untuk menggambar cahaya dan bayangan fungsional dalam sebuah gambar.

Pokok Bahasan

  1. Melihat Cahaya dan Bayangan dan Menggunakan Nilai untuk Mewakili
  2. Mengamati lebih dekat cahaya dan bayangan
  3. Mengamati kontras dalam sebuah gambar
  4. Memincingkan mata untuk menerjemahkan menjadi nilai-nilai

1)         Menyederhanakan bentuk

2)         Mengubah warna menjadi nilai

  1. Menerjemahkan Bentuk ke Dimensi Ketiga
  2. Dari kotak menjadi kubus
  3. Dari segi empat dan segitiga ke kotak, silinder, dan kerucut
  4. Dari lingkaran menjadi bulatan
  5. Latihan Praktek : Menggambar Obyek bola / bentuk-bentuk dasar

PERTEMUAN IV  : MENGHIDUPKAN GAMBAR DENGAN BAYANGAN

Pengantar

Dalam pertemuan ini, peserta akan melihat berbagai teknik untuk membangun nilai dan mempraktekkannya tanpa rasa takut salah untuk menggunakan teknik ini dalam gambar. Dengan sedikit latihan dan praktek, peserta akan menyadari bahwa dengan menambahkan bayangan secara realistis ke gambar, bukan hanya mudah dan mungkin akan tetapi juga merupakan pekerjaan yang cukup menyenangkan.

Pokok Bahasan

  1. Menggunakan Teknik Menggambar Aditif dalam Membangun Tone dan Value
  2. Menciptakan Tone dan Value secara berkelanjutan
  3. Memanfaatkan tangan dalam menggambar

1)         Menggambar dengan arsiran

2)         Menggambar dengan arsir silang

  1. Menciptakan skala dari terang ke gelap
  2. Menerapkan gradasi nilai secara mulus
  3. Menggunakan Penghapus untuk Membangun Tone dan Value
  4. Menerapkan bayangan ke dalam Gambar
  5. Menutup Value dasar
  6. Memperbaiki Value  dan Tone
  7. Latihan Praktek : Menggambar Telur / Apel

PERTEMUAN V : MENGIDENTIFIKASI DAN MENYUSUN TEKSTUR

Pengantar

Pada pertemuan ini peserta akan diberikan beberapa contoh tekstur yang mungkin akan dimasukkan ke dalam sebuah gambar dan saya akan menuntun peserta melalui proses perencanaan dalam menggambar. Dan pada bagian akhir akan diberikan latihan praktek yang terinspirasi dari tekstur untuk membantu melatih peserta dengan pengetahuan dan keterampilan barunya.

Pokok Bahasan

  1. Memahami dan Merasakan Perbedaan antara Tekstur dan Pola
  2. Mengidentifikasi Tekstur
  3. Tekstur halus, dof, mengkilap, dan berkilauan
  4. Tekstur berbulu dan berbulu halus
  5. Tekstur kasar, lembut dan berumput
  6. Menerjemahkan Tekstur ke dalam Gambar
  7. Merencanakan sebuah gambar bertekstur
  8. Membuat tekstur di atas kertas
  9. Menggabungkan bentuk tiga dimensi dengan pola dan tekstur
  10. Latihan praktek :
  11. Menciptakan Dua Tekstur menarik yang disenangi
  12. Membuat Sketsa dengan tekstur
  13. Menggambar bulu dengan titik-titik

PERTEMUAN VI : MEMAHAMI DAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF

Pengantar

Dengan perspektif yang tepat, peserta dapat membuat gambar representasional secara lebih realistis dengan memungkinkan elemen-elemen gambar seperti dalam kehidupan nyata. Dalam pertemuan ini, akan ditunjukkan cara menggunakan perspektif untuk menciptakan ilusi ruang tiga dimensi dalam gambar. Dalam pertemuan ini akan diberikan pedoman dasar untuk menerjemahkan berbagai jenis perspektif dan menunjukkan bagaimana cara menerapkannya dalam gambar.

Pokok Bahasan

  1. Memahami Perspektif dan bentuk Geometris
  2. Melihat dan memahami garis horizon
  3. Menemukan titik hilang

1)         Menemukan titik hilang dalam foto atau gambar lain

2)         Menemukan garis horizon dan titik hilang dalam kehidupan nyata

  1. Mengidentifikasi Perspektif dan Kedalaman
  2. Memperluas Elemen Perspektif
  3. Menggabungkan perspektif atmosfer ke dalam gambar .
  4. Mengelola foreshortening / pemendekkan
  5. Latihan praktek:
  6. Menggambar dalam Satu Titik Perspektif

b          Menggambar dalam Dua Titik Perspektif

  1. Menggambar dalam Perspektif Tiga Titik
  2. Menggambar dengan Perspektif Dinamis

Basic Drawing Training

 

 

 

 

 

 

PAKET II : BEREKSPERIMEN DENGAN OBYEK 

Pengantar

Setelah peserta kursus mengetahui apa yang ingin digambar, kini saatnya untuk memilih obyek sesuai keinginan. Pada dasarnya, apa pun yang peserta pikirkan atau bayangkan dapat menjadi obyek yang bagus untuk digambar. Dengan begitu banyak pilihan menarik  pada awalnya mungkin akan membingungkan. Tetapi jangan khawatir! Peserta tidak harus memilih semuanya kecuali satu yang paling menarik perhatian.

Paket II ini peserta akan diberi kesempatan untuk melakukan latihan praktek bereksperimen dengan berbagai obyek gambar yang berbeda. Setiap pertemuan merupakan penjelajahan dari satu kategori materi pelajaran yang harus dilalui, mulai dari benda mati lanskap sampai dengan menggambar hewan dan manusia.

Jika peserta baru saja mulai bisa menggambar, akan tertantang untuk mencoba berbagai obyek gambar yang berbeda. Setiap obyek gambar baru memiliki cara baru untuk mengambarnya. Jika peserta sudah terbiasa menggambar, Paket II ini menawarkan beberapa latihan praktek tentang obyek yang sudah diketahui, atau mencoba beberapa obyek yang belum pernah di eksplorasi sebelumnya.

PERTEMUAN VII : MENGHIDUPKAN GAMBAR ALAM BENDA

Pengantar

Gambar Alam Benda merupakan salah satu mata pelajaran paling populer dalam sejarah senirupa, mungkin karena menawarkan begitu banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis obyek lain. Salah satu yang paling penting dari keunggulan gambar alam benda adalah waktu. Tidak seperti saat menggambar model manusia, yang harus meninggalkan studio untuk makan, dan keperluan lainnya. Peserta dapat mengerjakannya untuk beberapa saat, dan kembali lagi kapan pun siap. Tidak seperti ketika menggambar lanskap, peserta tidak perlu khawatir tentang perubahan kondisi cuaca dan sejenisnya saat menggambar.

Pokok Bahasan

  1. Memilih Obyek dari Foto atau secara langsung
  2. Memilih alam benda yang menarik
  3. Pengelompokan alam benda
  4. Menerima tantangan menggambar benda transparan
  5. Mengatur Alam Benda
  6. Pencahayaan Alam Benda
  7. Latihan Praktek : Menggambar Alam Benda pilihan di kelas

PERTEMUAN VIII : MENYAJIKAN OBYEK ALAMI DALAM GAMBAR

Pengantar

Menggambar fenomena alam seperti langit, pepohonan, dan bunga selain sangat menawan, juga akan menimbulkan tantangan yang unik. Misalnya, bagaimana caranya menggambar langit yang bergerak dan terus berubah? Bagaimana caranya peserta menggambar  sesuatu obyek yang bersifat sementara seperti awan? Atau bagaimana peserta memindahkan  daun, ranting dan pohon dalam sebuah kertas gambar ?

Dalam pertemuan ini, peserta akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan banyak rahasia lagi. Dalam pertemuan ini, akan diberikan teknik dan tips merangkum alam melalui sketsa dan menyajikan kembali ke dalam kertas gambar.

Pokok Bahasan

  1. Menjelajahi Langit dan Daratan.
  2. Menangkap langit dan awan yang bergerak
  3. Mengamati dan menggambar pepohonan

1)         Menggambar pemandangan alam / pepohonan

2)         Membuat sketsa pohon dan suasana disekitarnya

  1. Menggambar bunga secara meyakinkan

1)         Menggambar kelopak bunga

2)         Berfokus pada saah satu bunga

  1. Latihan praktek : Menggambar bunga Lily yang indah

PERTEMUAN IX : MENGGAMBAR BINATANG KESAYANGAN

Pengantar

Dalam pertemuan ini, peserta akan diberikan teknik dan tips untuk mengambar binatang menjadi lebih hidup. Peserta akan diberi trik dan cara menangkap roh binatang melalui postur tubuhnya dan bagaimana menciptakan tekstur bulu-bulu secara realistis. Pada petemuan ini peserta akan mendapat kesempatan untuk berlatih menggambar seekor binatang secara utuh. Meskipun hanya diberikan beberapa contoh binatang, namun peserta dapat menggunakan teknik dan strategi yang di berikan untuk menggambar jenis binatang pilihan sendiri.

Pokok Bahasan

  1. Rendering Tekstur Binatang Berbulu
  2. Mengidentifikasi bulu panjang dan pendek

1)         Menggambar bulu pendek

2)         Rendering bulu panjang

3)         Menggunakan bulu untuk mengungkapkan bentuk

  1. Menggambar sayap dan bulu
  2. Menangkap kehidupan Hewan dalam Potret
  3. Latihan Praktek :
  4. Menggambar bulu / sayap seekor burung
  5. Menggambar hewan berbulu / hewan favorit

PERTEMUAN X : MENGGAMBAR FIGURE MANUSIA

Pengantar

Dalam pertemuan ini peserta akan dituntun menggambar figur manusia melalui dasar-dasar menggambar manusia. Dimulai dengan cara menggambar bentuk dasar figur manusia, kemudian beralih ke bagian-bagian khusus seperti wajah,  hidung, mata, mulut, telinga, dan rambut. Sebagai bonus tambahan, akan disampaikan dasar-dasar menggambar orang dari kejauhan dan sekumpulan manusia yang bergerak. Pada akhir pertemuan akan diberikan pelatihan praktek menggambar figur manusia.

Pokok Bahasan

  1. Menggambar Tubuh Manusia
  2. Memeriksa anatomi manusia
  3. Mengukur proporsi manusia
  4. Membangun tubuh dari bentuk-bentuk sederhana
  5. Memperbaiki gambar manusia dengan garis
  6. Menggambar Potret
  7. Mengukur proporsi kepala dan wajah manusia
  8. Menggambar bagian wajah

1)         Hidung tidak mengenal batas

2)         Mata memiliki batas

3)         Posisi mulut berada

4)         Menggambar telinga

  1. Cara menggambar rambut tampak tumbuh dari kepala
  2. Menggambar manusia dan Orang Bergerak
  3. Menggambar orang dan orang banyak di kejauhan
  4. Menggambar manusia dalam gerakan
  5. Latihan praktek :
  6. Menggambar manusia dalam kerumunan, atau

b.         Menggambar Model langsung di tempat kursus (optional)

Leave a Reply

WhatsApp chat